Sabtu, 28 September 2019

36 Pertanyaan yang Membuat Manusia Jatuh Cinta dengan Mudahnya


Tulisan ini hadir setelah menyaksikan Ted Talk dengan pembicaranya adalah seorang wanita yang menjadikan dirinya subjek percobaan untuk proyek mendadak yang dilakukannya mengenai Jatuh Cinta. Wanita tersebut bernama Mandy Len Catrons, hasil percobaan tersebut dimuat didalam tulisan dan dipublikasikan oleh The New York Times di tahun 2015. Ide percobaan tersebut hadir dari seorang Psikolog bernama Arthur Aron. 20 tahun lalu, Tuan Aron mampu membuat pasangan jatuh cinta dan menikah enam bulan kemudian setelah mengikuti percobaan di Lab dengan hanya menjawab 36 pertanyaan personal. Pasangan yang menikah itu, mengundang semua karyawan Lab beserta Dokter Aron untuk menghadiri hari bahagia mereka. Merujuk hasil tersebut, Nona Catrons mencoba mengaplikasikannya didalam kehidupan pribadinya. Berikut adalah detail dari percobaannya.
·       Awalnya Nona Catrons dan teman prianya dipersilahkan untuk saling berpandangan selama 4 menit. Pandangan keduanya haruslah intens, fokus dan tidak ada distraksi. Setelah saling berpandangan, mereka harus menjawab 36 pertanyaan personal secara bergantian. Inilah 36 pertanyaan tersebut:
1.    Pilihlah satu orang diseluruh dunia ini, untuk menemanimu makan malam! Mengapa harus orang tersebut?
2.      Apakah kamu suka menjadi terkenal? Dalam hal apa kamu menjadi terkenal?
3.  Sebelum menelepon orang lain, apakah kamu memiliki kecenderungan untuk mengulang dan mempersiapkan apa yang ingin disampaikan? Mengapa?
4.       Apakah definisi dari hari yang sempurna bagimu?
5.       Kapan terakhir kali kamu bernyanyi untuk dirimu sendiri dan untuk orang lain?
6.   Apabila kamu dapat hidup diusia 90 tahun dan mendapatkan kesempatan untuk kembali hidup di usia 30 tahun dan 60 tahun, usia berapakah yang kamu mau? Jelaskan!
7.       Apakah kamu memiliki firasat bagaimanakah kamu meninggal nanti?
8.       Sebutkan 3 hal yang menjadi kesamaan kamu dan pasanganmu!
9.       Apakah hal yang sangat kamu syukuri di hidupmu?
10. Apabila kamu memiliki kesempatan untuk mengubah bagaimana cara kamu dibesarkan, apakah hal yang ingin kamu ubah?
11.   Gunakan waktu 4 menit untuk menceritakan perjalanan hidupmu kepada pasanganmu!
12.   Bila esok pagi kamu terbangun dan mendapat anugerah kekuatan super, apakah jenis kekuatan super yang kamu inginkan?
13.   Bila bola kristal mampu mengungkapkan kebenaran tentang dirimu, kehidupanmu, masa depan, atau hal apapun. Apakah kebenaran yang ingin diungkapkan?
14.   Apakah kamu memiliki mimpi yang ingin dicapai dalam hidupmu? Apakah mimpi itu?
15.   Apakah pencapaian terbesar didalam hidupmu?
16.   Apa yang kamu paling hargai dari persahabatan?
17.   Apakah kenangan yang kamu simpan dan syukuri?
18.   Apakah kenangan terburukmu?
19.   Apabila kamu mengetahui bahwa hidupmu hanya tersisa satu tahun lagi, apakah kamu ingin mengubah cara hidupmu? Mengapa?
20.   Apakah persahabatan dan pertemanan memberikan makna dihidupmu?
21.   Peran apakah yang dimainkan oleh cinta dan kasih sayang untuk hidupmu?
22.   Bagikan 5 hal positif yang kamu temukan dalam pasanganmu saat ini!
23.   Seberapa hangat dan dekat kamu dengan keluargamu? Apakah kamu menganggap masa kecilmu adalah yang paling bahagia dibandingkan anak lainnya?
24.   Bagaimanakan perasaan dan hubunganmu dengan ibumu?
25.   Buatlah tiga pernyataan yang menggambarkan kondisi kita saat ini. Contohnya “Kita berdua di ruangan ini merasakan ..................”
26.   Lengkapi pernyataan ini “ Aku berharap aku bisa bersama seseorang yang bisa kubagikan ...........................”
27.   Apabila kamu bisa menjadi teman dekat dengan pasanganmu sekarang, bagikan hal penting yang harus diketahui olehnya!
28.   Katakan kepada pasangan anda, apakah yang anda sukai darinya. Berbagilah hal yang tidak pernah kamu bagikan kepada seseorang yang baru saja kamu temui!
29.   Berbagilah hal yang paling memalukan yang pernah terjadi di hidupmu!
30.   Kapan terakhir kali kamu menangis dihadapan orang lain? Dirimu sendiri?
31.   Katakan kembali hal yang kamu sukai dari pasanganmu saat ini!
32.   Apakah ada hal saat ini, yang terlalu serius untuk dicandakan?
33.   Apabila kamu akan meninggal saat ini tanpa memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan seseorang, apakah hal yang kamu sesalkan yang tidak bisa diungkapkan? Mengapa tidak kamu ungkapkan sebelumnya?
34.   Kamu memiliki rumah yang sungguh lengkap dan terbakar, saat keluarga dan hewan peliharaanmu sudah dalam kondisi aman, apakah hal yang ingin kamu selamatkan?
35.   Siapakah orang di keluargamu yang kehilangannya atau kematiannya sangat menimbulkan duka yang mendalam bagimu? (bila hal itu terjadi, mengapa?)
36.   Bagikan permasalahan yang kamu hadapi saat ini. Mintalah nasihat dari pasanganmu bagaimana ia mengatasinya! Tanyakan ia untuk merefleksikan kembali bila ia menjadi kamu dalam mengatasi permasalahan itu!

Ya, pertanyaan-pertanyaan tersebut sungguh mampu menyibak kepribadian seseorang secara lengkap dan singkat. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Nona Catrons dan teman prianya menghabiskan waktu 2 jam untuk menjelaskan semuanya dengan detail dan tebak! setelah menjawab pertanyaan tersebut akhirnya mereka memutuskan untuk menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih. Tulisan yang dibagikan Nona Catrons berdasarkan pengalaman pribadinya, mendapatkan hits yang memiliki pengaruh besar bagi karirnya. Banyak pembaca bertanya, bagaimanakah kabar dari hubungan kedua pasangan ini. Sayangnya, hubungan tersebut tidak bertahan lama. Mengapa? Ia hanya menjawab dengan pernyataan “Jatuh cinta itu mudah, tetap mencintai itu sebaliknya”

Apakah sahabat pernah menghadapi situasi yang sama? Maksud saya, bukanlah perasaan jatuh cinta yang jalannya sama seperti Nona Catrons melainkan, memiliki rasa kebosanan terhadap cinta yang sekarang? Bila ditelaah kembali, ada begitu banyak kasus yang terjadi di sekitaran kehidupan kita sebagai manusia. Begitu mudahnya manusia mengagumi, begitu mudahnya manusia menyatakan sayang, begitu mudahnya manusia mengatakan cinta namun apakah perasaan tersebut akan bertahan selamanya? Cinta adalah sesuatu yang bersifat alami sehingga, rasa tersebut dapat tumbuh secara alami karena, cinta adalah hak paten dari setiap mahkluk hidup termasuk manusia.   Namun karena sifat alami yang dominan, cinta dapat terpengaruh oleh begitu banyak faktor yang mampu menggerus sifat dasarnya terlebih bila ia tidak dipelihara. Banyak yang mengatakan cinta adalah sesuatu yang tidak perlu diartikan cukup dirasakan saja, dan tidak perlu alasan juga pembenaran. Namun saat menghadapi situasi kebosanan, saat itulah arti dan alasan cinta cukup mendapatkan banyak sorotan. Bahkan banyak ahli menyarankan bila bosan, coba ingat kembali hal apa yang membuatmu jatuh cinta kepada pasangan. Nah lo.... apakah benar cinta sesungguhnya nggak perlu alasan. Hehehehehe..... Akhirnya, saya kembali mencoba menelaah dan saya sungguh membenarkan cinta seharusnya tidak perlu alasan. Oleh karena itu, tampilkanlah apa adanya sahabat dihadapan pasangan. Tidak perlu membuat-buat karakter yang sempurna agar pasangan jatuh cinta pada kita, atau menjadi orang lain agar diidolakan selamanya oleh pasangan (duh gimana dapatkan cinta yang benar-benar tulus klo gitu? ) Pasti kita akan terbebani dengan hal itu dan ujung-ujungnya nggak bahagia deh. Namun, hal ini bisa saja kita kaitkan dengan cerita Nona Catrons, bisa jadi ia dan pasangannya belum menunjukkan sifat aslinya sehingga hubungan tersebut tidak bisa bertahan lama.
Baiklah sahabat, bagi yang sudah berpasangan ataupun yang masih dalam tahap pencarian. Yuk, mulailah kita mengenakan diri masing-masing. Tampilah apa adanya, bukan ada apanya. Namun bukan berarti juga kamu tidak mau memperbaiki kualitas diri, karena apa adanya tadi. Biasanya, bila telah menemukan orang yang tepat sahabat selalu akan menampilkan kualitas diri yang paling terbaik, mau belajar bersama, dan tidak dipenuhi kepalsuan. Nah kalau ditanya lagi mempertahankan cinta itu susah nggak? Jawabannya ada pada sejauh mana kita dengan pasangan dapat mengenal pribadi yang sesungguhnya dari pasangan masing-masing.

PS:
Baiklah sahabat, sepertinya tulisan berikutnya masih akan membahas tentang “Cinta”. Karena, akhir-akhir ini saya lagi dipenuhi oleh bacaan tentang “Spread Love” gitu. Kemungkinan berikutnya, akan hadir tulisan tentang “Bahasa Cinta” dan “Visualisasi Cinta Sejati” (Cara meyakinkan diri bahwa pasanganmu yang sekarang adalah “Your Truly Soulmate”). Nah, ini juga bisa membantu melengkapi tulisan ini yang ditujukan kepada cara untuk mempertahankan cinta (Saya Bukan Expert, tapi saya hanya berbagi apa yang saya tahu). Hehehehehehe.......
Yang masih mau ikutin, nantikan update tulisan berikutnya yaaa..... 

Terus, saya berharap pembaca tulisan ini bisa mempraktekan 36 pertanyaan ini dengan orang yang belum dikenalnya. Kali ajah, jodohnya dapat dengan cara ini. Wkwkwkwkwkwkw.... I Wish You All The Best Deh.....


Sumber:www.wapa.pe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

36 Pertanyaan yang Membuat Manusia Jatuh Cinta dengan Mudahnya

Tulisan ini hadir setelah menyaksikan Ted Talk dengan pembicaranya adalah seorang wanita yang menjadikan dirinya subjek percobaan untuk ...